SELAMAT BERSELANCAR BLOGGING asyik_gr1

Rabu, 16 Februari 2011

Puluhan Aktivis Pudak Demo Bupati Gresik


15.44 |

Puluhan aktivis yang tergabung dalam pusat demokrasi dan kemanusiaan (Pudak) melakukan aksi unjuk rasa di kantor Bupati Gresik. Aksi unjuk rasa ini, dilakukan untuk mempertanyakan bahwa beras raskin yang didistribusikan pada warga kualitasnya tidak bagus.

Ketua Korlap Pudak, Farit mengatakan, beras raskin yang ada di Gresik tidak memenuhi standar kualitas dan tidak layak dikonsumsi warga.

"Di lapangan kami menemukan banyak penyimpangan baik secara kualitas beras, harga beras, ukuran dan pendistribusian yang tak tentu waktunya," katanya saat memimpin unjuk rasa di Kantor Pemkab Gresik, Rabu (16/02/2011).

Farit mencontohkan, di Kecamatan Duduksampean Gresik warga hanya menerima beras raskin 5 kilo per rumah tangga sasaran penerima manfaat
RTS-PM dengan harga kisaran Rp 1.800 hingga Rp 2.000. Sedangkan di daerah lainnya seperti Desa Lowayu Kecamatan Dukun Gresik, pembagian beras raskin tidak berlabel Bulog dengan berat 50 kilo per sak.

"Ironisnya di daerah tersebut per RTS-PM yang menerima 5 kilo beras raskin dengan harga Rp 1.700 per kilo. Padahal, harga resminya Rp 1.600 per kilo," ujarnya.

Masih banyaknya penyimpangan-penyimpangan terkait pendistribusian beras raskin. Aktivis Pudak mendesak agar Pemkab Gresik segera membenahi penanganan raskin maupun standar kualitasnya. Pasalnya, sesuai aturan Bulog beras raskin yang diterima warga seharusnya memiliki kadar air 15 persen, broken 20 persen, menir 2,5 persen, dan drajat sosoh 90 persen.

Selain menuntut standar kualitas beras raskin, puluhan aktivis Pudak juga menuntut Pemkab Gresik mendata ulang jumlah keluarga miskin dengan data yang bersifat kemiskinan partisipatoris.

"Kami minta Pemkab mendata ulang jumlah keluarga miskin termasuk mendata ulang RTS-PM raskin agar tepat sasaran," tandas Farit.

Menanggapi hal ini Kepala Kantor Kesbang Linmas Gresik Achmad Nuruddin menyatakan, aspirasi aktivis Pudak segera disampaikan ke bupati.

"Dalam waktu dekat tuntutan aktivis Pudak segera ditindaklanjuti termasuk memperbaharui penanganan beras raskin," tuturnya.(ashadi ik)


You Might Also Like :


0 komentar:

Posting Komentar